Minggu, 30 Agustus 2009

MINUMAN COLA MELARUTKAN GIGI

Apakah anda suka minum cola? Rasa cola yang khas bisa membuat anda ketagihan. Akan tetapi jangan terlalu sering anda minum cola, karena ternyata , cola bersifat merusak gigi, jika anda sering minum cola, lama kelamaan ghigi anda akan semakin rapuh dan lunak. Hal ini di sebabkan cola bersifat asam sehingga dapat melarutkan kalsium atau zat kapur dalam gigi. Tidak percaya ? lakukan kegiatan berikut:



Sediakan sepotong tulang ayam yang sudah di bersihkan . jika kebetulan ada gigi tanggal, tulang ini dapat anda ganti dengan gigi tersebut. Gigi dan tulang keduanya mengandung senyawa kalsium karbonat. Timbang berat gigi dan tulang tersebut.rendam tulang dan gigi dengan segelas air cola selama 7-10 hari apa yang terjadi ? timbang kembali keduanya apakah berat sama dengan berat sebelum perendaman ? jika tidak mengapa ? berlakunya hokum kekekalan masa dalam peristiwa ini. Apa yang terjadi bila waktu perendaman di perpanjang? (sumber :percobaan kimia sederhana dengan bahan sehari-hari, 2001..buku paket kimia (Grapindo kelas X) )

aQ belum pernah nyoba she’ tapi buat yg mau nyoba jangan jadi “bone collector” cuman gara-gara pengen bukti’in percobaan diatas wokeh’’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.